Monday, September 24, 2012

Android Software Development Kit

SDK atau Software Development Kit biasanya digunakan untuk para developer atau pengembang aplikasi untuk mengcompile/membangun aplikasi, selain itu, SDK android juga bisa digunakan untuk mengemulasikan android system di PC. Sekarang Saya akan membahas langkah untuk menginstall Android SDK, baik untuk keperluan pengembangan aplikasi maupun sekedar mencoba atau bermain-main saja Laughing
Langkah pertama adalah, download Android SDK disini, selanjutnya extract atau install di folder mana saja. Setelah selesai, buka aplikasi SDK Manager dan pastikan terkoneksi dengan internet, lalu tunggu SDK Manager load paket-paket platform yang akan digunakan.
Selanjutnya adalah memilih paket yang akan diinstall, untuk langkah awal, download saja SDK Platform dari setiap versi android, misal SDK Platform untuk android 2.3.3, lalu klik Install n Packages.

Android SDK Manager
Setelah proses download SDK Platform selesai, buka menu Tools -> Manage AVDs dan window baru akan terbuka.

Android Virtual Devices Manager
Selanjutnya klik tombol New... dan isikan Nama untuk Virtual Device, misal BelajarDroid, dan pilih Target platform yang akan digunakan serta option lainnya seperti besar Virtual SD Card, resolusi layar, dan dukungan hardware untuk Virtual Device itu sendiri. Contoh untuk permulaan, Saya gunakan option seperti berikut:

Ned Virtual Device
Setelah selesai, lalu click Create AVD dan Start... di AVD Manager (click Launch jika muncul dialog) dan tunggu hingga proses startup selesai.
Jika tampilan Virtual Device sudah seperti ini, maka Anda sudah selesai 'menginstall' android SDK untuk emulator.

Android SDK (Emulator)
Emulator dari Android SDK ini tidak memiliki market atau Play Store, jika ingin menambahkan, bisa download langsung disini.

No comments:

Post a Comment